Rabu, 24 Mei 2023

Membantu Murid dalam Belajar untuk Mencapai Nilai KKM dan Lebih Baik ( Kurukikulum 13)

MGMP Matematika SMA Kab. Jember
24 Mei 2023
Inisiator Artikel :
1. Goodman Siadari, M.Pd ( Guru Matematika SMAK Santo Paulus )
2. Drs. Ponadi, M.Si ( Korwas SMA Cabdin Prov.Jatim Wil. Jember )

Pendidikan adalah fondasi penting bagi pertumbuhan dan perkembangan seorang murid. Bagi seorang murid, mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dalam setiap mata pelajaran adalah tujuan yang penting. Namun, seringkali siswa menghadapi tantangan dalam mencapai atau bahkan melebihi KKM tersebut. Dalam diskusi ini, kita akan membahas strategi dan pendekatan yang dapat membantu murid belajar dan mencapai nilai KKM mapel yang dipelajari, serta bagaimana mereka dapat melampaui batas KKM tersebut.

1. Apa yang dilakukan murid agar mencapai Nilai KKM Mapel yang dipelajari?
  • Menjaga Konsistensi: Murid perlu menghadirkan diri secara teratur dalam kelas, mengikuti pelajaran, dan mengerjakan tugas secara konsisten. Hal ini membantu membangun pemahaman yang stabil dan terus menerus memperbarui pengetahuan mereka.
  • Mengelola Waktu dengan Baik: Murid perlu mengatur waktu belajar mereka dengan bijak. Ini termasuk merencanakan jadwal studi yang efektif, mengidentifikasi prioritas, dan membagi waktu dengan proporsional antara mata pelajaran yang berbeda.
  • Melibatkan Diri dalam Diskusi dan Kolaborasi: Berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas, kelompok studi, atau diskusi online membantu murid untuk memahami konsep lebih baik melalui pertukaran ide dan penjelasan dari teman sekelas atau guru.

2. Bagaimana cara belajar murid agar dapat mencapai Nilai KKM Mapel yang dipelajari?
  • Membuat Rencana Belajar: Murid dapat membuat jadwal belajar yang terstruktur, dengan membagi materi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan mengalokasikan waktu untuk mempelajari setiap bagian secara teratur.
  • Menggunakan Beragam Sumber Belajar: Selain mengandalkan buku teks, murid dapat memanfaatkan sumber belajar tambahan seperti video pembelajaran online, artikel, atau sumber lainnya yang relevan dengan mata pelajaran yang dipelajari.
  • Menggunakan Teknik Belajar yang Efektif: Murid dapat mencoba berbagai teknik belajar seperti membaca ulang, menggambar mind map, membuat catatan, atau menjelaskan konsep kepada orang lain. Setiap murid dapat menemukan teknik yang paling efektif bagi mereka sesuai dengan gaya belajar individu mereka.

3. Apa yang dilakukan murid agar mencapai Nilai di atas KKM Mapel yang dipelajari?

  • Mempertahankan Rasa Ingin Tahu: Murid yang bersemangat dalam belajar dan memiliki rasa ingin tahu yang kuat cenderung mencapai nilai yang lebih tinggi. Mereka dapat mencari materi tambahan, mempelajari konsep lebih dalam, dan memperluas pengetahuan mereka di luar kurikulum.
  • Mencari Tantangan Tambahan: Murid dapat mencari tantangan tambahan seperti soal latihan tingkat kesulitan yang lebih tinggi, proyek-proyek penelitian, atau kegiatan ekstrakurikuler yang berkaitan dengan mata pelajaran yang dipelajari.

4. Bagaimana cara belajar murid agar dapat mencapai Nilai di Atas KKM Mapel yang dipelajari?

  • Mengembangkan Keterampilan Metakognitif: Murid dapat belajar untuk memahami bagaimana mereka belajar dengan lebih efektif. Ini melibatkan mengidentifikasi strategi belajar yang efektif, memonitor kemajuan mereka, dan mengevaluasi diri sendiri untuk meningkatkan kinerja mereka.
  • Mencari Bantuan dan Dukungan: Murid dapat memanfaatkan sumber daya yang ada, seperti guru, teman sekelas, atau fasilitas belajar di luar sekolah. Mereka juga dapat meminta umpan balik konstruktif untuk mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki.

5. Apa yang Harus Dilakukan Guru?

  • Menyediakan Sumber Daya dan Materi yang Mendukung: Guru dapat menyediakan materi pembelajaran yang relevan, sumber daya tambahan, dan referensi bacaan yang dapat membantu murid memahami konsep secara mendalam.
  • Memberikan Arahan yang Jelas dan Berkelanjutan: Guru perlu memberikan arahan yang jelas tentang tujuan pembelajaran, harapan, dan kriteria penilaian. Selain itu, mereka juga perlu memberikan umpan balik yang konstruktif dan bimbingan yang efektif untuk membantu murid dalam mengembangkan pemahaman yang lebih baik.
  • Memfasilitasi Diskusi dan Kolaborasi: Guru dapat mendorong diskusi kelas, kolaborasi antar murid, atau kegiatan kelompok yang mendorong pemahaman yang lebih baik melalui pertukaran ide dan pemikiran.
  • Mendorong Pemikiran Kritis: Guru dapat memberikan tugas dan pertanyaan yang mendorong murid untuk berpikir kritis, menganalisis, dan mengevaluasi informasi yang diberikan.

Dalam rangka mencapai nilai KKM mapel yang dipelajari, kerjasama antara murid dan guru adalah kunci utama. Murid perlu mengadopsi pendekatan belajar yang efektif dan memiliki motivasi yang tinggi, sementara guru perlu memberikan panduan, dukungan, dan pengajaran yang memadai. Dengan kerja sama yang baik, setiap murid memiliki peluang yang lebih besar untuk mencapai dan melampaui batas KKM, memperoleh pemahaman yang mendalam, dan berkembang secara akademik.

Related Posts:

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan menerapkan 5B (Berbagi Belajar dengan Baik dan Benar dan Bermanfaat) Terimakasih.