MGMP MATEMATIKA SMA KAB.JEMBER BULAN SEPTEMBER 2020

Dihadiri oleh kepala Cabang Dinas Pend.Kab.Jember.

MGMP MATEMATIKA SMA KAB.JEMBER BULAN OKTOBER 2020

Kerjasama dengan FMIPA MATEMATIKA UNIVERSITAS NEGERI JEMBER - PENERARAPAN GEOGEBRA VERSI-6

Selasa, 23 Juli 2024

Mewujudkan Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan dan Partisipatif


Sebagai seorang guru matematika di tingkat SMA, kita senantiasa berusaha menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan dan partisipatif. Di tengah tantangan kurikulum dan kompleksitas materi matematika, kita yakin bahwa pembelajaran yang efektif harus melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses belajar mengajar. Salah satu cara untuk mencapai ini adalah melalui diskusi yang dinamis dan kolaboratif, di mana peserta didik merasa nyaman menyampaikan pemahaman mereka kepada teman-temannya.

👉Mengubah Paradigma Pembelajaran

Pembelajaran matematika seringkali dianggap kaku dan menakutkan oleh banyak peserta didik. Anggapan ini dapat berubah jika guru mampu mengemas materi dengan cara yang menarik dan relevan. Menggunakan pendekatan yang berpusat pada peserta didik, seperti pembelajaran berbasis masalah, studi kasus, dan diskusi kelompok, dapat membantu peserta didik melihat matematika sebagai alat yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.
👉Mendorong Diskusi yang Produktif

Diskusi kelas merupakan salah satu metode yang sangat efektif untuk meningkatkan pemahaman peserta didik. Dengan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi, mereka dapat berbagi ide, mengklarifikasi konsep, dan mengajukan pertanyaan. Dalam diskusi ini, peran guru adalah sebagai fasilitator yang mengarahkan dan memandu peserta didik untuk mencapai kesimpulan yang benar.


Untuk mendorong diskusi yang produktif, penting bagi guru untuk menciptakan suasana yang terbuka dan inklusif. peserta didik harus merasa aman untuk mengemukakan pendapat mereka tanpa takut dikritik atau dihakimi. Memberikan apresiasi atas setiap kontribusi, sekecil apapun, dapat meningkatkan rasa percaya diri peserta didik.

👉Menggunakan Metode Pembelajaran Kolaboratif

Metode pembelajaran kolaboratif seperti kerja kelompok dan peer teaching (pengajaran sebaya) dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam proses belajar. Dalam kerja kelompok, peserta didik dapat saling membantu dan belajar dari satu sama lain. Mereka dapat berdiskusi, berdebat, dan menemukan solusi bersama. Peer teaching memungkinkan peserta didik yang lebih memahami materi untuk menjelaskan kepada teman-temannya, yang tidak hanya memperkuat pemahaman mereka sendiri tetapi juga membantu peserta didik lain belajar dengan cara yang berbeda.

👉Memanfaatkan Teknologi dalam Pembelajaran

Di era digital ini, teknologi dapat menjadi alat yang sangat efektif dalam pembelajaran matematika. Menggunakan aplikasi pembelajaran, video tutorial, dan simulasi online dapat membuat materi matematika lebih menarik dan mudah dipahami. Platform e-learning juga memungkinkan peserta didik untuk belajar dengan kecepatan mereka sendiri dan mengakses sumber daya tambahan yang dapat membantu mereka memahami konsep yang sulit.

👉Menginspirasi dengan Contoh Nyata

Salah satu cara terbaik untuk memotivasi peserta didik adalah dengan menunjukkan bagaimana matematika diterapkan dalam kehidupan nyata. Memberikan contoh-contoh nyata dari dunia kerja, industri, dan penelitian dapat membantu peserta didik melihat relevansi dari apa yang mereka pelajari. Misalnya, menunjukkan bagaimana matematika digunakan dalam desain rancang bangun, teknologi, statistik olahraga, atau analisis data bisnis dapat membuat materi menjadi lebih menarik dan bermakna bagi peserta didik.

Mewujudkan pembelajaran matematika yang menyenangkan dan partisipatif membutuhkan usaha dan kreativitas dari seorang guru. Dengan mengubah paradigma pembelajaran, mendorong diskusi produktif, menggunakan metode pembelajaran kolaboratif, memanfaatkan teknologi, dan memberikan contoh nyata, kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang tidak hanya mengembangkan keterampilan kognitif peserta didik tetapi juga membangun rasa percaya diri dan motivasi mereka untuk belajar. Semoga dengan pendekatan ini, peserta didik dapat melihat matematika bukan sebagai momok, tetapi sebagai ilmu yang menarik dan bermanfaat dalam kehidupan mereka.



Kamis, 25 Januari 2024

🌐 "Menginspirasi Pendidikan: Pertemuan MGMP Matematika SMA Kab. Jember Dorong Inovasi Pembelajaran"

Rabu, 24 Januari 2024 bertempat di Aula Utama SMA Negeri 1 Jember, telah dilaksanakan pertemuan rutin Mata Pelajaran Matematika tingkat SMA yang diadakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMA Kabupaten Jember. Pertemuan ini dihadiri oleh puluhan guru Matematika dari berbagai sekolah di wilayah kabupaten tersebut.

Dalam sambutan pembukaan, Ketua MGMP Matematika SMA Kabupaten Jember, Syaiful Rahman, S.Pd., M.Pd, menyampaikan semangat dan tekad bersama para guru Matematika untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran dan menekankan pentingnya upaya guru dalam mengupdate dan mengupgrade diri agar mampu memberikan pelayanan pembelajaran terbaik, berkualitas, dan bermakna bagi peserta didik.

"Sebagai guru, kita terus mengembangkan diri dengan meningkatkan kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial. Hal ini dilakukan dengan cara terus belajar dan mengimplementasikan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, optimalisasi Artificial Intelligence, serta manajemen kelas yang berpihak kepada peserta didik," ujar Bapak Syaiful Rahman.

MGMP merupakan sarana bagi para guru Matematika untuk saling bertukar pengalaman, membagikan inovasi pembelajaran, dan merumuskan strategi baru dalam menghadapi dinamika dunia pendidikan yang terus berkembang.

Pertemuan ini juga menjadi wadah bagi para guru untuk berbagi praktik dan pengalaman. Salah satu Guru Penggerak Angkatan 8 Kabupaten Jember, Ibu Farida Tri Andayani, S.Pd, turut membagikan praktiknya tentang Budaya Positif sekolah. Diskusi tanya jawab yang antusias menciptakan atmosfer yang inspiratif, mendorong seluruh anggota MGMP untuk terus bergerak dan mengimplementasikan ilmu yang diterima.

Acara ini diakhiri dengan sesi diskusi anggota, sehingga setiap guru dapat memperoleh wawasan baru yang dapat diterapkan di kelas. Semangat untuk terus berkembang dan memberikan yang terbaik bagi peserta didik menjadi landasan utama dalam pertemuan rutin MGMP Matematika SMA Kabupaten Jember.

Mari bersama-sama kita dukung upaya para guru Matematika untuk menciptakan pembelajaran yang inspiratif dan berdaya saing! 💡📚

#MGMPMatematika
#PembelajaranBerkualitas
#EdukasiMasaDepan

Rabu, 06 September 2023

MGMP Matematika SMA Jawa Timur Gelar Kompetisi Matematika untuk Meningkatkan Kualitas Peserta Didik dan Pengembangan Ilmu Matematika*


Surabaya, 6 September 2023 - MGMP Matematika SMA Jawa Timur dengan bangga mengumumkan penyelenggaraan Kompetisi Matematika SMA Jawa Timur, sebuah ajang bergengsi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya peserta didik SMA secara ilmiah. Kompetisi ini juga dirancang untuk memotivasi peserta didik SMA di Jawa Timur dalam menekuni dan mengembangkan ilmu matematika.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan ilmu matematika melalui kegiatan yang mampu meningkatkan potensi sumber daya manusia. Selain itu, Kompetisi Matematika ini akan memberikan bekal pada generasi muda sebagai potensi sumber daya manusia yang intelektual dalam pengembangan Basic Science.

Manfaat dari Kompetisi Matematika SMA Jawa Timur ini antara lain adalah meningkatkan kemampuan hasil belajar matematika, memacu jiwa bersaing, menguji serta mengasah kemampuan diri dalam bidang matematika, dan memberikan pemahaman lebih dalam tentang matematika. Dengan demikian, peserta diharapkan akan melihat matematika bukan sebagai ilmu pengetahuan yang sulit, tetapi sebagai sebuah seni untuk menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, prestasi dalam kompetisi ini juga dapat menjadi nilai tambah saat masuk ke perguruan tinggi dan saat mengikuti seleksi beasiswa.

Kompetisi Matematika ini akan diselenggarakan dalam beberapa tahap. Tahap penyisihan akan dilaksanakan secara online di sekolah masing-masing. Tahap semi-final dan final akan diselenggarakan secara offline terpusat di Surabaya, dengan dukungan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

Dewan juri dalam Kompetisi Matematika ini terdiri dari guru dan dosen matematika yang masih aktif mengajar, termasuk dari universitas ternama seperti UNESA, UNAIR, dan ITS. Para juri akan memainkan peran penting dalam menilai dan mengawasi jalannya kompetisi untuk memastikan kualitas dan keadilan.

Ketua MGMP Matematika SMA Jawa Timur, Bapak Mustain, M.Pd, menyampaikan bahwa kompetisi ini akan menjadi ajang yang dapat memfasilitasi peserta didik untuk terus menjadi kreatif dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis mereka. Beliau menekankan bahwa dengan adanya Kompetisi Matematika ini, diharapkan motivasi belajar peserta didik dapat ditingkatkan, terutama dengan pendampingan guru matematika dari masing-masing satuan pendidikan (SMA) di wilayah Jawa Timur.

Kompetisi Matematika SMA Jawa Timur ini diharapkan akan menjadi ajang bergengsi yang memacu minat dan prestasi peserta didik dalam bidang matematika serta berkontribusi pada perkembangan ilmu matematika di Indonesia.



Kamis, 24 Agustus 2023

MGMP Matematika SMA Jawa Timur: Membangun Guru Inovatif, Kreatif, dan Teknologi-Savvy untuk Masa Depan Pendidikan

Surabaya, 24 Agustus 2023 - Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di Jawa Timur telah memulai perjalanan yang penuh semangat menuju perubahan yang transformatif dalam dunia pendidikan. Dibawah kepemimpinan yang dinamis dan berwawasan, Ketua MGMP Matematika Provinsi Jawa Timur, Bapak Mustain, S.Pd., M.Pd., telah menginisiasi upaya berkelanjutan untuk membentuk para guru yang tak hanya kompeten, tetapi juga inovatif, kreatif, dan adaptif terhadap dinamika perkembangan teknologi.

Sebagai langkah lanjutan, MGMP Matematika Jawa Timur merencanakan pelaksanaan "Training of Trainer Penguatan Kompetensi Guru Matematika SMA". Kegiatan ini tidak hanya akan memungkinkan para guru matematika untuk mengasah keterampilan teknis mereka dalam pemanfaatan teknologi dan media pembelajaran, tetapi juga akan menciptakan lingkungan kolaboratif tempat ide-ide inovatif berkembang, belajar dan berbagi. 

Kolaborasi ini direncanakan akan melibatkan perguruan tinggi dan mengajukan proposal kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia serta bekerja sama dengan Casio Education Indonesia. Langkah ini menandakan tekad kuat MGMP Matematika Jawa Timur untuk mengambil bagian dalam transformasi pendidikan di Indonesia.

Bapak Mustain, S.Pd., M.Pd., dengan penuh semangat mengungkapkan tujuan besar di balik langkah ini, "Kami ingin menciptakan lingkungan pembelajaran yang merangsang rasa ingin tahu siswa, yang menggugah imajinasi, dan memperkaya pemahaman mereka tentang matematika. Teknologi dan media pembelajaran modern bukan sekadar alat, tetapi adalah kunci untuk membuka pintu masa depan yang penuh peluang."

Dalam konteks ini, Syaiful Rahman, S.Pd., M.Pd., seorang peserta ToT Peningkatan Kompetensi Guru Matematika yang diselenggarakan oleh Kemendikburistek RI dan Casio Education Indonesia, memberikan tanggapan inspiratif. "Kegiatan ini sejalan dengan diseminasi program ToT yang dilaksanakan sebelumnya pada bulan Agustus 2023 . Ini menunjukkan bahwa semakin banyak pihak yang sadar akan pentingnya mempersiapkan para guru dalam menghadapi tuntutan pendidikan modern. Berupaya menciptakan generasi yang lebih siap menghadapi tantangan masa depan, Kurikulum Merdeka telah memprioritaskan sejumlah langkah progresif yang merangkul teknologi".

Lebih dari sekadar memadukan teknologi dengan pembelajaran, inisiatif ini juga mendorong guru-guru matematika untuk bergeser menjadi fasilitator pembelajaran yang mampu memicu minat belajar siswa, memahami kebutuhan unik mereka, dan menyajikan konten yang sesuai. Semangat kolaborasi dan inovasi yang ditanamkan dalam setiap langkah kegiatan ini tidak hanya akan membekali para guru dengan alat yang diperlukan untuk menghadapi tantangan pendidikan modern, tetapi juga akan merangkul perubahan sebagai kesempatan untuk pertumbuhan.

Dengan langkah-langkah berani dan progresif seperti ini, MGMP Matematika SMA Jawa Timur bukan hanya menciptakan guru-guru yang lebih siap menghadapi perubahan, tetapi juga menunjukkan jalan untuk menciptakan generasi pelajar yang siap bersaing di era global yang semakin kompleks dan terhubung. Dengan semangat dan tekad yang tak tergoyahkan, MGMP Matematika SMA Jawa Timur mengukir jejaknya dalam arus perubahan pendidikan, memastikan bahwa setiap siswa mendapatkan pendidikan yang mampu membimbing mereka menuju masa depan yang cerah dan penuh potensi.

Menuju Pendidikan Unggul: Kegiatan Inovatif Guru Matematika Se-Jawa Timur dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan SMA


Surabaya, 24 Agustus 2023 - Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur telah mengambil langkah progresif dalam usaha meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Dalam upaya tersebut, melalui Bidang Pembinaan Pendidikan Sekolah Menengah Atas, Dinas Pendidikan menyelenggarakan kegiatan "Telaah Soal Evaluasi Pembelajaran (Diagnostik, Formatif, dan Sumatif) Serta Tes Potensi Skolastik (UTBK)", yang berfokus pada sosialisasi E-KTSP dan E-KOSP.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah meningkatkan kualitas soal-soal evaluasi pembelajaran di tingkat SMA, termasuk di dalamnya jenis-jenis soal seperti diagnostik, formatif, dan sumatif. Lebih dari itu, persiapan menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) juga akan menjadi poin penting dalam kegiatan ini. UTBK memiliki peranan vital bagi siswa SMA yang akan melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi.

Sebanyak 26 guru matematika dari MGMP Kabupaten/Kota di Jawa Timur hadir dalam kegiatan ini. Mereka merupakan perwakilan dari komunitas pendidik yang memiliki tanggung jawab untuk memastikan kualitas pengajaran matematika berada pada tingkat terbaik. Kegiatan ini berlangsung mulai Rabu hingga Sabtu, 23 hingga 26 Agustus 2023. Para peserta melakukan registrasi pada Rabu, 23 Agustus 2023, pukul 13.00 WIB, di Hotel Purnama Batu.

Acara resmi dibuka pada pukul 16.00 WIB di hari yang sama. Hotel Purnama Batu, terletak di Jl. Raya Punten No.1-15, Punten, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, menjadi tempat berlangsungnya kegiatan ini. Dalam suasana kolaboratif, para guru matematika dari berbagai wilayah di Jawa Timur diharapkan akan menghasilkan gagasan dan inovasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan SMA di Provinsi Jawa Timur.

Langkah nyata yang diambil oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dengan mengumpulkan para pendidik dalam kegiatan ini menunjukkan komitmen mereka dalam meningkatkan standar pendidikan. Diharapkan bahwa kegiatan "Telaah Soal Evaluasi Pembelajaran dan Tes Potensi Skolastik" ini akan memberikan dampak positif yang berkelanjutan, memperkaya praktik pengajaran, dan mempersiapkan siswa-siswa SMA untuk menghadapi tantangan masa depan dengan lebih baik.

Dokumentasi : https://web.facebook.com/photo?fbid=1408802882998802&set=pcb.1408804156332008

Minggu, 20 Agustus 2023

Melangkah Menuju Pendidikan Abad 21: Menyemai Keterampilan Melalui Pendekatan STEM

Syaiful Rahman, S,Pd., M.Pd.
Peserta ToT Peningkatan Kompetensi Guru Matematika jenjang Pendidikan Menengah
Ketua MGMP Matematika SMA Kab. Jember

Saat ini kita memasuki era teknologi dan inovasi yang semakin maju, pendidikan juga berubah paradigma. Tidak lagi hanya tentang menghafal fakta dan angka, tetapi lebih pada memupuk keterampilan yang relevan dengan dunia yang terus berkembang. Pendidikan abad ke-21 menuntut peserta didik untuk memiliki keterampilan berpikir kritis, kreatif, inovatif, dan mampu bekerja dalam tim. Semua ini menjadi pondasi penting untuk menghadapi berbagai tantangan kompleks yang muncul dalam kehidupan modern.

Matematika, dengan segala "daya tarik dan ketakutannya", bukan hanya sekedar mata pelajaran di sekolah. Ia menjadi panggung utama bagi pertumbuhan ilmu pengetahuan lainnya. Tetapi, kenyataannya, keahlian dalam perhitungan dan pemahaman materi belum sepenuhnya mampu membangun keterampilan esensial yang menjadi esensi dari belajar matematika itu sendiri.

Sebagai respon terhadap tantangan ini, muncul pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) sebagai katalisator inovasi dalam dunia pendidikan. Pendekatan ini mengajak peserta didik untuk menjadi penemu, pemecah masalah, dan berpikir secara logis kritis. Lebih dari itu, pendekatan tersebut menggugah peserta didik untuk mengaplikasikan konsep-konsep STEM dalam kehidupan sehari-hari.

Filosofi STEM sejalan dengan semangat Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran yang adaptif, sesuai dengan konteks lingkungan, dan mengarah pada masa depan yang berkelanjutan. Di era revolusi industri 4.0, tujuan pendidikan adalah menciptakan individu yang memiliki kemampuan berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan mampu berkolaborasi. Namun, untuk meraih pencapaian tersebut, diperlukan dukungan dari tenaga pendidik yang mampu mengembangkan diri seiring perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan.

STEM hadir sebagai solusi. Dalam pembelajaran matematika, STEM merangsang keterampilan berpikir kritis dan kreatif melalui produk karya inovatif. Produk-produk ini bukan hanya sekadar jawaban atas masalah dunia nyata yang rumit, tetapi juga wujud dari usaha peserta didik dalam mengasah kemampuan mereka dalam menyelesaikan masalah-masalah yang berdampak nyata.

Namun, tidak bisa diabaikan bahwa penerapan STEM bukanlah tanpa tantangan. Guru-guru kadang mengalami kendala dalam menemukan permasalahan yang tepat untuk dipecahkan serta produk akhir yang memenuhi standar pendekatan STEM. Integrasi keempat disiplin ilmu dalam  Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEAM) juga memerlukan upaya yang serius dalam implementasinya.

Dalam upaya mengatasi tantangan ini, Direktorat Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus bekerja sama dengan Casio Singapore PTE LTD, merancang program peningkatan kompetensi guru di bidang STEM. Panduan yang telah dirancang akan menjadi pemandu bagi semua yang terlibat dalam program ini, memastikan pencapaian tujuan program secara maksimal.

Kegiatan ini diharapkan akan membawa dampak positif dan berkelanjutan bagi semua pihak yang terlibat, serta mendorong peningkatan kualitas pendidikan di seluruh Indonesia. Dengan semangat inovasi dan tekad untuk memperbaiki pendidikan, pendekatan STEM akan menjelajahi jalan menuju masa depan pendidikan yang lebih terang benderang.

Sabtu, 29 Juli 2023

Membangun Generasi Juara di Olimpiade Sains Nasional Matematika



Dr. Hery Susanto, M.Si
Dosen Matematika Universitas Malang

Olimpiade Sains Nasional (OSN) Matematika adalah ajang bergengsi yang menjadi impian para siswa yang memiliki minat dan bakat di bidang matematika. Di balik keberhasilan siswa-siswa tersebut, terdapat sosok guru dan pembina yang menjadi pilar dalam membimbing mereka mencapai prestasi di level nasional maupun internasional. Salah satu guru dan pembina OSN Matematika yang diakui kehebatannya adalah Dr. Hery Susanto, M.Si, seorang dosen matematika di Universitas Malang.

Sebagai seorang pembina OSN Matematika, Dr. Hery Susanto memiliki beberapa trik dan tips yang efektif dalam membimbing siswa mencapai prestasi gemilang di bidang matematika dan kompetisi OSN. Berikut ini adalah beberapa strategi yang telah ia praktekkan dan berhasil:

  • Menguasai Konsep Materi
    Seorang guru harus memiliki keahlian dalam memahami konsep-konsep matematika dengan mendalam adalah kunci utama untuk menjadi pembimbing yang efektif. Dengan penguasaan materi yang baik, ia dapat dengan jelas menjelaskan dan mengatasi pertanyaan-pertanyaan yang mungkin diajukan oleh siswa. Dalam pembelajaran matematika, pemahaman konsep adalah fondasi yang kokoh untuk kemajuan selanjutnya.

  • Berani Menerima Tantangan dan Lepaskan dari Zona Nyaman
    Sebagai seorang guru dan pembimbing menjadi contoh bagi siswa dengan berani menerima tantangan matematika. Ia mengajak siswa-siswanya untuk keluar dari zona nyaman mereka agar dapat berkembang dan maju. Dengan mendorong siswa untuk mengeksplorasi masalah-masalah matematika yang lebih kompleks dan menantang, mereka dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif secara optimal.

  • Ambil Kesempatan untuk Terus Belajar dan Berbagi
    Seorang guru sekaligus pembina OSN menyadari bahwa proses pembelajaran tidak pernah berakhir. Ia selalu mencari kesempatan untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuannya dalam memahami matematika. Selain itu, ia tidak ragu untuk berbagi pengetahuan dan pengalamannya dengan siswa-siswanya. Hal ini menjadi inspirasi bagi mereka untuk terus belajar dan mencapai prestasi lebih tinggi.

  • Strategi Memilih Peserta OSN
    Sebagai pembina OSN Matematika harus memiliki strategi khusus dalam memilih siswa-siswa yang akan mewakili sekolah atau universitas dalam ajang OSN. Ia tidak hanya melihat dari aspek akademik semata, tetapi juga kemampuan siswa dalam berkompetisi dan menghadapi tantangan matematika.

  • Kegiatan Rutin Sanggar Belajar
    Seorang guru memfasilisitasi siswa dengan membentuk kelompok belajar atau sanggar matematika di lingkungan sekolah. Di sanggar ini, ia menempatkan siswa-siswa berpotensi dan memberikan bimbingan khusus untuk persiapan OSN.

  • Latih Soal-Soal Problem Solving dan Problem-Based Learning
    Selain memberikan materi, Guru menyediakan latihan soal-soal problem solving dan problem-based learning bagi siswa. Hal ini bertujuan untuk membantu mereka mengembangkan keterampilan analitis dan kreatif dalam memecahkan masalah matematika.

  • Modifikasi dan Buat Soal OSN
    Guru senantiasa melakukan modifikasi pada soal-soal OSN agar sesuai dengan tingkat kemampuan siswa. Selain itu, ia juga menciptakan soal-soal OSN baru yang menantang untuk dipecahkan oleh para siswa.

  • Membiasakan Mengikuti Kompetisi
    Sebagai langkah untuk meningkatkan pengalaman dan rasa percaya diri siswa, guru harus sering mengajak mereka untuk mengikuti berbagai kompetisi matematika di tingkat lokal maupun nasional.

  • Ulet dan Mau Bertanya
    Guru dapat mendorong siswa-siswanya untuk tetap ulet dalam belajar matematika. Ia selalu siap untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka dengan sabar dan memberikan bimbingan yang tepat.

  • Kolaborasi dan Komunikasi dengan Rekan Guru Pembina OSN dan Dosen
    Guru selalu berusaha untuk bekerjasama dengan rekan guru pembina OSN dan dosen lainnya. Hal ini memberikannya wawasan baru dan ide-ide segar untuk meningkatkan kualitas pembinaan siswa.

Seorang guru memberikan pesan inspiratif kepada siswa-siswanya, bahwa mereka tidak boleh pernah berhenti mencoba dan berusaha menggerakkan potensi mereka sebelum waktu habis. Ia selalu mengingatkan bahwa belajar matematika adalah proses yang memerlukan kesabaran dan ketekunan, dan dengan konsistensi serta usaha maksimal, prestasi gemilang dalam OSN Matematika dapat dicapai.

Sebagai penutup, mari kita renungkan pesan dan motivasi dari perjalanan inspiratif Dr. Hery Susanto, M.Si, seorang dosen dan pembina OSN Matematika. Melalui dedikasi dan semangatnya, beliau telah membuktikan bahwa setiap individu memiliki potensi besar untuk meraih prestasi gemilang dalam bidang yang mereka geluti.

Pesan yang ingin kami sampaikan adalah, jangan pernah meragukan diri sendiri. Setiap langkah kecil yang kita ambil dan setiap usaha yang kita lakukan membawa kita lebih dekat pada kesuksesan. Seperti Dr. Hery Susanto, mulailah dari hal-hal kecil, belajarlah dengan gigih, dan teruslah bergerak maju tanpa kenal lelah.

Matematika, seperti halnya bidang lainnya, memang memerlukan kesabaran dan ketekunan. Namun, jangan pernah menyerah di tengah jalan. Jadikan setiap tantangan sebagai kesempatan untuk tumbuh dan berkembang. Ingatlah bahwa setiap kesalahan adalah bagian dari proses belajar, dan setiap usaha adalah langkah maju menuju keberhasilan.

Dalam kehidupan, kita akan dihadapkan pada berbagai kompetisi dan tantangan. Namun, seperti Dr. Hery Susanto mengajarkan, jangan pernah takut untuk berkompetisi. Kompetisi akan membawa kita mengenal lebih dalam potensi diri dan mendorong kita untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Selain itu, mari kita juga mengingat pentingnya kolaborasi dan komunikasi. Dalam perjalanan mencapai impian, tidak ada yang berdiri sendiri. Bersama dengan rekan guru pembina OSN dan dosen, serta dukungan dari teman-teman sebaya, kita akan mampu mengatasi setiap tantangan dengan lebih mudah.

Akhirnya, ingatlah bahwa perjalanan mencapai prestasi dan keberhasilan bukanlah tujuan akhir, tetapi proses yang terus berlanjut. Setiap langkah perjalanan merupakan kesempatan untuk belajar, tumbuh, dan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Jadi, mari kita teruslah bercita-cita tinggi, mengasah kemampuan, dan menggali potensi diri. Dalam diri setiap individu, terdapat kekuatan yang luar biasa untuk meraih prestasi gemilang. Jadilah pribadi yang berani, ulet, dan selalu mencoba yang terbaik dalam setiap kesempatan.

Terinspirasi dari perjalanan hebat Dr. Hery Susanto,M.Si mari kita bergandengan tangan, bersama-sama menciptakan masa depan yang gemilang dengan semangat cinta terhadap matematika dan pengetahuan. Setiap perubahan dimulai dari diri kita sendiri dan saatnya adalah sekarang.

Jangan Pernah Berhenti Mencoba dan Menggerakkan Sebelum Waktu Habis

"Dr. Hery Susanto,M.Si "