MGMP MATEMATIKA SMA KAB.JEMBER BULAN SEPTEMBER 2020

Dihadiri oleh kepala Cabang Dinas Pend.Kab.Jember.

MGMP MATEMATIKA SMA KAB.JEMBER BULAN OKTOBER 2020

Kerjasama dengan FMIPA MATEMATIKA UNIVERSITAS NEGERI JEMBER - PENERARAPAN GEOGEBRA VERSI-6

Senin, 15 Mei 2023

INFO KEGIATAN MGMP MATEMATIKA SMA KAB.JEMBER BULAN MEI 2023

 INFO KEGIATAN MGMP MATEMATIKA SMA KAB.JEMBER BULAN MEI 2023

INFO KEGIATAN MGMP MATEMATIKA SMA KAB.JEMBER BULAN MEI 2023

Baca Materi MGMP

Foto Kegiatan MGMP Bulan Mei 2023.





Kamis, 29 Oktober 2020

SOSIALISASI ASSESMEN NASIONAL

            Peningkatan sistem evaluasi pendidikan adalah bagian dari kebijakan Merdeka Belajar yang juga didukung penuh oleh Presiden Joko Widodo. Tujuan utamanya adalah mendorong perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Untuk itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengundang para pemangku kepentingan untuk memberikan masukan terhadap rencana penerapan Asesmen Nasional pada 2021. Asesmen Nasional tidak hanya dirancang sebagai pengganti Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional, tetapi juga sebagai penanda perubahan paradigma tentang evaluasi pendidikan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim mengatakan perubahan mendasar pada Asesmen Nasional adalah tidak lagi mengevaluasi capaian peserta didik secara individu, akan tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil.
         “Potret layanan dan kinerja setiap sekolah dari hasil Asesmen Nasional ini kemudian menjadi cermin untuk kita bersama-sama melakukan refleksi mempercepat perbaikan mutu pendidikan Indonesia,” ucap Mendikbud. Asesmen Nasional tahun 2021 adalah pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program keseteraan jenjang sekolah dasar dan menengah. Asesmen Nasional terdiri dari tiga bagian, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.
            Mendikbud melanjutkan, AKM dirancang untuk mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar kognitif yaitu literasi dan numerasi. Kedua aspek kompetensi minimum ini, menjadi syarat bagi peserta didik untuk berkontribusi di dalam masyarakat, terlepas dari bidang kerja dan karier yang ingin mereka tekuni di masa depan.  “Fokus pada kemampuan literasi dan numerasi tidak kemudian mengecilkan arti penting mata pelajaran karena justru membantu murid mempelajari bidang ilmu lain terutama untuk berpikir dan mencerna informasi dalam bentuk tertulis dan dalam bantuk angka atau secara kuantitatif,” jelas Mendikbud.  Bagian kedua dari Asesmen Nasional adalah survei karakter yang dirancang untuk mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar sosial-emosional berupa pilar karakter untuk mencetak Profil Pelajar Pancasila. “Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME serta berakhlak mulia, berkebhinekaan global, mandiri, bergotong royong, bernalar kritis, dan kreatif,” tutur Mendikbud. Bagian ketiga dari Asesmen Nasional adalah survei lingkungan belajar untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah.
        Asesmen Nasional pada tahun 2021 dilakukan sebagai pemetaan dasar (baseline) dari kualitas pendidikan yang nyata di lapangan, sehingga tidak ada konsekuensi bagi sekolah dan murid. “Hasil Asesmen Nasional tidak ada konsekuensinya buat sekolah, hanya pemetaan agar tahu kondisi sebenarnya,” kata Mendikbud. Kemendikbud juga akan membantu sekolah dan dinas pendidikan dengan cara menyediakan laporan hasil asesmen yang menjelaskan profil kekuatan dan area perbaikan tiap sekolah dan daerah. “Sangat penting dipahami terutama oleh guru, kepala sekolah, murid, dan orang tua bahwa Asesmen Nasional untuk tahun 2021 tidak memerlukan persiapan-persiapan khusus maupun tambahan yang justru akan menjadi beban psikologis tersendiri. Tidak usah cemas, tidak perlu bimbel khusus demi Asesmen Nasional,” kata Mendikbud.
        Senada dengan Mendikbud, anggota Badan Standar Nasional Pendididikan (BSNP), periode 2019 – 2023, Doni Koesoema mengatakan Asesmen Nasional ini menjadi salah satu alternatif transformasi pendidikan di tingkat sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, pengajaran, dan lingkungan belajar di satuan pendidikan. “Melalui asesmen yang lebih berfokus, diharapkan perbaikan kualitas, layanan pendidikan bisa semakin efektif. Dengan demikian Kepala Dinas harus memastikan pelaksanaan Asesmen Nasional di daerah dengan memperhatikan kesiapan sarana prasarana dan keselamatan peserta didik bila pandemi COVID-19 di daerahnya belum teratasi dengan baik” ujar Doni. Untuk itu, Pemerintah mengajak semua para pemangku kepentingan untuk bersiap dalam mendukung pelaksanaan Asesmen Nasional mulai tahun 2021 sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas pendidikan Indonesia.
Sumber: 
https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/10/asesmen-nasional-sebagai-penanda-perubahan-paradigma-evaluasi-pendidikan

File penunjang dapat diunduh :

 KLIK DISINI

Sabtu, 24 Oktober 2020

CARA POSTING DI BLOG SEBAGAI KONTRIBUTOR

CARA POSTING DI BLOG SEBAGAI KONTRIBUTOR

Konten suatu blog dapat di isi oleh beberap Penulis blog disebut Kontributor blog.

Seseorang menjadi Kontributor Blog  apabila menerima undangan sebagai penulis dari Admin blog.

Berikut disajikan cara memulai menulis di blog oleh  Kontributor blog.

1. Silakan cek email masuk dari yang mengundang sebagai  Kontributor Blog

2. Klik masuk seperti gambar di bawah ini

3. Klik terima undangan lihat gambar

4. Silakan buat postingan baru 
    diawali  mengisi : judul, isim dan publikasikan.
    lihat gambar di bawah ini,
    

5. Selesai -- lihat blog postingan baru telah terlihat . Selamat mencoba.





Rabu, 21 Oktober 2020

LAPORAN MGMP MATEMATIKA SMA PERTEMUAN KETIGA

Tujuan Kegiatan:

Meningkatkan kompetensi guru Matematika SMA Negeri/Swasta se-Kabupaten Jember tentang penggunaan Aplikasi Geogebra, khususnya tentang Titik, Garis dan Bidang

Dasar Pelaksanaan :

1.      Agenda dari hasil rapat pengurus MGMP Matematika SMA Kabupaten Jember

2.      Kegiatan Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19 secara Daring

Pelaksanaan:
Video Conference dengan menggunakan Aplikasi Zoom

Waktu Pelaksanaan:

Hari           : Rabu

Tanggal     : 21 Oktober 2020

Pukul        : 12.00 s.d. 15.00 WIB

 

Peserta:

Guru Matematika tingkat SMA Negeri dan Swasta se-Kabupaten Jember

Yang diundang    :  143 orang

Tidak hadir          :    68 orang

Hadir                   :    75 0rang (sesuai daftar hadir peserta)

 

Acara:

  1. Pembukaan
  2. Sambutan-sambutan

a.       Sambutan Penanggung Jawab Program Drs. H, Subari, M.Pd

b.      Sambutan Ketua MGMP Matematika Kabupaten Jember Drs. Subowo, M.Pd


  1. Do’a dan Penutup
  2. Paparan materi penggunaan Aplikasi Geogebra bagian kedua dan dilanjutkan diskusi dan tanya disampaikan oleh  Drs. Moh. Hasam, Ph.D. Dosen Matematika FMIPA Universitas Jember
  3. Ramah-tamah

 Deskripsi Kegiatan:

            Secara seremonial acara dibuka oleh MC Sekretaris MGMP Matematika (Drs. H. Eko Subiyantoro, S.Pd) tepat pukul 12.15 dengan bacaan surat Al-Fatihah dan susunan acara. Acara kedua MC mempersilakan Penanggung jawab program dan ketua MGMP untuk memberikan sambutan. Selanjutnya acara dilanjutkan pada materi ini yaitu paparan dan sekaligus dilanjutkan Diskusi/Tanya Jawab tentang penggunaan Aplikasi Geogebra.

GeoGebra merupakan salah satu program aplikasi pembelajaran matematika yang cukup canggih, mendukung beragam topik matematika dan tersedia dengan gratis.  Pada awalnya GeoGebra dimanfaatkan untuk mendukung pembelajaran aljabar dan geometri, namun pada perkembangannya banyak fitur-fitur baru yang kemudian ditambahkan dan lebih memperkaya fitur yang sudah ada. GeoGebra dapat dimanfaatkan pada beberapa topik yang relatif sederhana sampai pada materi yang cukup kompleks seperti matriks, vektor, trigonometri, statistika, kalkulus, geometri dimensi tiga dll. Di sisi lain, sebagai sebuah media, GeoGebra dapat digunakan secara langsung dalam pembelajaran atau media ini diunggah ke Internet sehingga dapat diakses luas. Format media juga dapat berupa file GeoGebra sendiri, juga dalam bentuk animasi GIF maupun juga digunakan untuk membuat video pembelajaran.

            Adapun materi penggunaan Aplikasi Geogebra ini yang akan dibahas antara lain adalah :

  1.  Mengenal program aplikasi GeoGebra untuk digunakan dalam pembelajaran matematika
  2. Mampu memanfaatkan GeoGebra untuk menggambar objek-objek bangun datar seperti titik, garis, dan poligon.

Untuk modul atau materi pembelajaran telah di share ke masing-masing peserta MGMP di Grup WhatsApp.

Untuk mengunduh materi, file undangan dan daftar hadir bisa klik link berikut :

UNDUH

Berikut video pelaksanaan MGMP Matematika bulan Oktober 2020




Kamis, 24 September 2020

LAPORAN MGMP MATEMATIKA SMA PERTEMUAN KEDUA

 Tujuan Kegiatan:

Pada pertemuan Kedua ini tujuan kegiatan MGMP Matematika untuk meningkatkan kompetensi guru Matematika SMA Negeri/Swasta se-Kabupaten Jember tentang penggunaan Aplikasi Google Classroom, khususnya tentang Pembuatan Quiz baik berupa Soal Ulangan Harian maupun Tugas dan mengoreksi Hasil Pekerjaan Siswa

Dasar Pelaksanaan :

1.      Agenda dari hasil rapat pengurus MGMP Matematika SMA Kabupaten Jember

2.      Kegiatan Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19 secara Daring

Pelaksanaan:
Video Conference dengan menggunakan Aplikasi Zoom

Waktu Pelaksanaan:

Hari               : Rabu

Tanggal         : 23 September 2020

Pukul             : 12.00 s.d. 15.00 WIB

 Peserta:

Guru Matematika tingkat SMA Negeri dan Swasta se-Kabupaten Jember

Yang diundang        :  143 orang

Tidak hadir              :    63 orang

Hadir                       :    80 0rang

 

Acara:

  1. Pembukaan
  2. Sambutan-sambutan
    a. Sambutan Penanggung Jawab Program Drs. H, Subari, M.Pd
    b. Sambutan Ketua MGMP Matematika Kabupaten Jember Drs. Subowo, M.Pd
  1. Do’a dan Penutup
  2. Paparan materi penggunaan Aplikasi Google Classroom bagian Kedua dan dilanjutkan diskusi dan tanya disampaikan oleh Syaiful Rahman, S.Pd (SMA Negeri Sukowono) dan Drs. Goodman Siadari, M.Pd (SMA Katolik Santo Paulus)
  3. Ramah-tamah

 

Deskripsi Kegiatan:

            Secara seremonial Acara dibuka oleh MC Sekretaris MGMP Matematika (Drs. H. Eko Subiyantoro, S.Pd) tepat pukul 12.15 dengan bacaan surat Alfatekah dan susunan acara. Acara kedua MC mempersilakan Penanggung jawab program dan ketua MGMP untuk memberikan sambutan. Selanjutnya Acara dilanjutkan pada materi ini yaitu paparan dan sekaligus dilanjutkan Diskusi/Tanya Jawab tentang penggunaan Aplikasi Google Classroom tentang pembuatan Soal atau Tugas siswa.

Silakan saksikan video kegiatan MGMP  untuk melihat tutorial bagaimana caranya menjadikan soal matematika di  microsoft word menjadi soal online di google form yang juga dibatasi awal dan akhir pengerjaan soal online.


Untuk mengunduh File Undangan dan Daftar Hadir Klik:

unduh

Video Pelaksanaan MGMP MATEMATIKA bulan September 2020





Kamis, 27 Agustus 2020

LAPORAN MGMP MATEMATIKA SMA PERTEMUAN PERTAMA

Tujuan Kegiatan:

Meningkatkan kompetensi guru Matematika SMA Negeri/Swasta se-Kabupaten Jember tentang penggunaan Aplikasi Google Classroom, khususnya tentang pembuatan kelas, posting materi dan posting Tugas/tagihan

Dasar Pelaksanaan :

1.      Agenda dari hasil rapat pengurus MGMP Matematika SMA Kabupaten Jember

2.      Kegiatan Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19 secara Daring

Pelaksanaan:
Video Conference dengan menggunakan Aplikasi Zoom


Waktu Pelaksanaan:

Hari               : Rabu

Tanggal         : 26 Agustus 2020

Pukul             : 12.00 s.d. 15.00 WIB

 

Peserta:

Guru Matematika tingkat SMA Negeri dan Swasta se-Kabupaten Jember

Yang diundang        :  143 orang

Tidak hadir              :    70 orang

Hadir                       :    73 0rang

 

Acara:

  1. Pembukaan
  2. Sambutan-sambutan
    a. Sambutan Penanggung Jawab Program Drs. H, Subari, M.Pd
    b. Sambutan Ketua MGMP Matematika Kabupaten Jember Drs. Subowo, M.Pd
  1. Do’a dan Penutup
  2. Paparan materi penggunaan Aplikasi Google Classroom bagian Pertama dan dilanjutkan diskusi dan tanya oleh Drs. Goodman Siadari, M.Pd
  3. Ramah-tamah

 

Deskripsi Kegiatan:

            Secara seremonial Acara dibuka oleh MC Sekretaris MGMP Matematika (Drs. H. Eko Subiyantoro, S.Pd) tepat pukul 12.15 dengan bacaan surat Alfatekah dan susunan acara. Acara kedua MC mempersilakan Penanggung jawab program dan ketua MGMP untuk memberikan sambutan. Selanjutnya Acara dilanjutkan pada materi ini yaitu paparan dan sekaligus dilanjutkan Diskusi/Tanya Jawab tentang penggunaan Aplikasi Google Classroom

Google classroom adalah salah satu aplikasi e-learning yang dibuat google. Aplikasi ini dibuat dan dikembangkan untuk sekolah dengan tujuan untuk menyederhanakan pembuatan, pendistribusian sampai penetapan tugas tanpa menggunakan kertas. Artikel ini kami buat, untuk membahas mengenai tata cara penggunaan google classroom. Seperti diketahui, pandemi Covid-19, membuat proses belajar mengajar di sekolah dihentikan. Guru dan siswa terpaksa harus melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring atau online. Layanan google classroom nyatanya sangat bermanfaat untuk membantu proses belajar mengajar. Lalu bagaimana cara menggunakan google classroom?

Dalam aplikasi google classroom terdapat 2 mode yakni untuk siswa dan guru, tentunya mode keduanya berbeda-beda. Sebagai informasi, pola kerja Google Classroom untuk guru cocok sekali diterapkan di masa pandemi corona seperti saat ini. Mengajar siswa tak perlu bertatap muka, cukup beralih ke pembelajaran secara daring.

 Cara Menggunakan Google Classroom untuk Guru :

A. Membuat Kelas

  1.  Pertama, Login atau masuk ke aplikasi Google Classroom yang telah didownload atau buka di laman classroom.google.com
  2. Lalu pada layar akan muncul sejumlah pilihan, di bagian layar atas ada menu “Classes page”, kemudian klik “Add”, lalu klik “create class”.
  3.  Lalu pada layar tersebut akan menampilkan formulir yang isinya kelas, subjek kelas, sesi kelas dan ruangan.
  4.  Langkah berikutnya, isi formulir tersebut, Lalu klik “create” maka kelas berhasil kamu buat.

 Cara Menggunakan Aplikasi Google Classroom berikutnya :

B.  Mengundang siswa

  1.          Pertama, pilih kelas yang bakal dibagikan
  2.          Lalu, lihat bagian kiri bawah judul kelas ada menu “Kode Kelas”, klik kode tersebut.
  3.          Setelah itu, kamu copy kode tersebut dan bagikan ke para siswa

C. Membuat tugas

  1.       Pertama pada menu klik “Tugas Kelas”, dan pilih “Tugas”
  2.       Kemudian isi judul tugas beserta petunjuk pengerjaannya
  3.       Apabila anda tidak menambahkan materi atau melampirkan file, kamu klik saja menu “Tambahkan”
  4.       Setelah itu, masuk ke bagian setting lalu atur ketentuan tugas seperti poin, dan batas waktu pengerjaan
  5.       Apabila semua sudah selesai, klik “Tugaskan”

 

D. Memposting materi

  1.     Pertama pada menu klik “Tugas Kelas”, dan pilih “Materi”
  2.     Kemudian isi judul dan deskripsi materi tersebut
  3.     Lalu klik “Tambahkan” untuk melampirkan materi atau file dari link, file, google drive, atau pun youtube
  4.     Kemudian masuk ke bagian setting dan atur mau ditujukan kepada siapa saja materi dan topik tersebut.

 

E. Melihat tugas yang dikirimkan

  1.       Pada menu klik “Tugas Kelas”, dan pilih atau klik “Tugas”
  2.       Kemudian pada menu tersebut akan ditampilkan detail tugas, kemudian klik “Diserahkan”
  3.       Lalu akan muncul data atau file jawaban dari siswa yang telah menyerahkan tugas
  4.       Anda tinggal Klik file tersebut, dan lalu berikan penilaian atau tanggapan.
  5.       Jika telah selesai, klik menu atau tombol “Kembalikan”

 

Cara Menggunakan Google Classroom untuk Siswa:

A.   Bergabung kelas

  1.       Pertama Login atau masuk ke aplikasi Google Classroom yang telah didonwload atau masuk ke laman classroom.google.com
  2.       Lalu pilih tanda “+” yang berada di atas sudut kanan dan pilih “Gabung Kelas”
  3.       Setelah itu, masukkan kode kelas yang telah diberikan guru dan klik “Gabung”

 

B.   Mengirim tugas

  1.       Pada menu klik “Tugas Kelas”, kemudian pilih tugas yang akan anda kerjakan
  2.       Setelah itu, akan muncul detail tugas-tugas yang bisa dipilih, lalu klik “Lihat Pertanyaan” untuk jawab pertanyaan.
  3.       Kemudian anda akan diarahkan ke halaman pertanyaan, anda pun bisa menjawabnya pada kolom yang telah disediakan.
  4.       Apabila sudah selesai menjawab atau mengerjakan, klik “Serahkan” dan selesai.

Itulah tata cara menggunakan Google Classroom untuk guru dan juga para siswa. Untuk diketahui aplikasi Google Classroom ini dalam penggunaannya tidak berbayar alias gratis. Namun ada syarat yang mesti dimiliki pihak sekolah, yakni sekolah harus memiliki akun G Suite for Education dan para siswa memiliki akun google.

Untuk mengnduh file Undangan dan Daftar Hadir bisa disini:

unduh:

Video Pelaksanaan MGMP Matematika bulan Agustus 2020